20 Jenis Olahraga Ringan yang Dapat Dilakukan di Pagi Hari

Sabtu, 13 Juli 2019 | 10:09:22

20 Jenis Olahraga Ringan yang Dapat Dilakukan di Pagi Hari

 

Olahraga ringan yang dapat dilakukan di pagi hari adalah informasi mengenai jenis-jenis olahraga yang direkomendasikan untuk anda lakukan di pagi hari. Pagi hari merupakan waktu yang sangat cocok untuk dihabiskan dengan berolahraga. Bagi anda yang memiliki waktu yang cukup luang karena jam kantor yang lebih siang, tentu sangat disarankan untuk melakukan olahraga. Namun, tidak semua orang memahami apa saja olahraga ringan yang dapat dilakukan di waktu pagi.

Memang tidak mudah menentukan jenis olahraga yang dapat anda lakukan. Karena memang setiap orang memiliki kapasitas yang berbeda-beda mengenai apakah olahraga tersebut dapat ia lakukan atau tidak. Olahraga ringan tentunya tergolong dalam jenis olahraga yang tidak membutuhkan banyak waktu dan membutuhkan banyak alat. Untuk memudahkan anda memilih macam-macam olahraga ringan yang dapat anda lakukan, maka berikut ini rekomendasi 20 olahraga ringan untuk dilakukan di pagi hari. Simak deskripsi dan penjelasannya berikut ini.

Jenis Olahraga Ringan yang Dapat Dilakukan di Pagi Hari

Seperti yang telah sempat disebutkan sebelumnya, sulit untuk mengetahui apa saja jenis olahraga ringan yang dapat dilakukan di pagi hari. Oleh sebab itu, kenalilah 20 jenis olahraga berikut ini dan lakukanlah sebagai olahraga ringan anda di setiap pagi.

1. Berjalan Cepat

Jangan anggap remeh olahraga yang memang tergolong ringan. Walau cukup ringan, namun manfaat dari jalan cepat tidak kalah dengan olahraga-olahraga rumit lainnya. Anda yang ingin memanfaatkan pagi hari anda menjadi lebih bermanfaat dapat melakukan olahraga berjalan cepat ini. Olahraga ini tidak membutuhkan alat apapun. Anda cukup menyediakan waktu luang anda dan lakukanlah jalan cepat selama 10 hingga 15 menit. Jika anda tidak ingin ke luar dari wilayah rumah anda, maka anda cukup berjalan cepat di halaman rumah bahkan di dalam salah satu ruangan saja. Lakukanlah dengan rutin olahraga jalan cepat ini untuk kemudian mendapatkan stamina yang lebih kuat dan pagi hari anda pun menjadi lebih sehat.

2. Berlari

Selanjutnya, anda juga dapat berlari untuk mengisi pagi hari anda. Sama seperti dengan berjalan cepat, berlari pun salah satu olahraga ringan yang dapat dilakukan di pagi hari. Olahraga ini tergolong ringan karena tidak adanya alat khusus yang harus disiapkan sebelum memulai olahraga. Sederhananya, anda hanya cukup menyediakan waktu beberapa menit di pagi hari untuk dihabiskan berlari. Memang memotivasi diri untuk keluar dari rumah dan berlari tidak mudah dilakukan. Jadi alternatif lainnya adalah berlari di pekarangan rumah atau di dalam ruangan rumah yang cukup longgar. Cara olahraga ini pun masih termasuk dalam olahraga yang paling diminati untuk dilakukan di pagi hari.

3. Naik Turun Tangga

Bagi anda yang benar-benar tidak ingin keluar rumah sama sekali di pagi hari, anda dapat melakukan olahraga naik turun tangga. Jenis olahraga yang satu ini merupakan deskripsi yang sangat tepat untuk menggambarkan olahraga ringan yang dapat dilakukan di pagi hari. Untuk dapat melakukan naik turun tangga, anda hanya perlu melakukan peregangan beberapa saat sebelum menaiki dan menuruni tangga di rumah anda. Lakukan hal ini di pagi hari bahkan sebelum orang rumah anda terbangun, agar tidak ada yang mengganggu olahraga anda. Bagi anda yang tidak memiliki tangga dapat memanfaatkan permukaan yang lebih tinggi di rumah untuk dinaik turunkan bergantian, seakan-akan tangga.

4. Lompat Tali

Jika anda ingin olahraga yang sedikit lebih menantang namun tetap tergolong ringan, maka lompat tali (skipping) merupakan rekomendasi yang tepat untuk anda. Seperti diketahui, olahraga skipping membutuhkan stamina yang kuat. Namun, tidak berarti anda harus menjauhinya. Karna stamina anda pun dapat sedikit demi sedikit terlatih dengan kuat, jika ada rutin melakukan skipping. Olahraga ini tergolong ringan karena dapat anda lakukan di mana saja, bahkan tanpa perlu keluar dari kamar. Jangan lupa untuk menyiapkan tali skipping anda. Variasi berbagai gerakan lompat tali pun diketahui dapat menambah efektif hasil dari olahraga pagi yang anda lakukan. Jadi silahkan mencoba skipping menjadi olahraga pagi anda.

5. Angkat Beban

Olahraga ringan yang dapat anda lakukan di pagi hari selanjutnya adalah angkat beban. Jika anda ingin melakukannya di rumah, tentu anda perlu memiliki beban sekitar 1 sampai 3 kilogram untuk anda angkat selama berolahraga pagi. Selain itu, anda pun bisa membeli beban yang dikalungkan di lengan atau kaki sebelum melakukan olahraga lainnya. Jadi anda melakukan dua olahraga sekaligus, yaitu kombinasi olahraga lain dengan angkat beban. Olahraga ini tergolong ringan, karena anda tidak membutuhkan persiapan khusus untuk melakukannya. Anda pun dapat melakukannya sambil menyiapkan sarapan atau menonton berita di pagi hari. Selamat mencoba dan merasakan manfaat dari angkat beban di pagi hari.

6. Bersepeda

Anda pun dapat melakukan bersepeda sebagai olahraga andalan anda di pagi hari. Bersepeda merupakan jenis olahraga yang paling ringan di masa sekarang ini. Tidak membutuhkan biaya yang banyak dan hanya memerlukan waktu beberapa menit, membuat olahraga bersepda menjadi pilihan idaman olahraga pagi masyarakat saat ini. Tips untuk anda yang ingin melakukan olahraga bersepeda, pilihlah jalur yang tidak banyak kendaraan bermotornya. Hal ini akan membuat anda lebih nyaman dalam bersepeda dan tidak perlu lagi menghabiskan banyak waktu untuk bermacet-macetan dengan motor dan mobil lainnya. Tubuh anda pun dapat terbakar kalorinya dengan maksimal.

7. Sit Up

Anda pun dapat melakukan olahraga sit up untuk mengisi waktu di pagi hari anda. Olahraga sit up ini diketahui ampuh untuk membakar kalori, khususnya di bagian tubuh sekitar perut. Bagi anda yang tidak ingin berlama-lama berolahraga, sit up pun merupakan salah satu pilihan yang paling tepat. Sit up dapat melatih tubuh anda menjadi lebih sehat dan membuatnya memiliki bentuk tubuh yang lebih ideal. Lakukanlah sit up ini dengan rutin setiap paginya. Lakukanlah minimal 30 banyaknya dalam hitungan waktu 5 sampai 10 menit. Ketika semakin terbiasa, tambahkanlah kuantitas sit up anda menjadi lebih banyak setiap waktunya.

8. Push Up

Lakukanlah olahraga push up menjadi olahraga ringan yang dapat anda lakukan di pagi hari. Pada kenyataannya, olahraga ini memang tidak terlalu berat. Hanya perlu beberapa menit saja untuk membakar kalori dengan melakukan push up. Selain itu, olahraga ini pun dapat bermanfaat untuk melatih stamina anda. Sehingga anda pun dapat menjadi lebih semangat dan segar dalam menjalani hari. Anda perlu menyiapkan alas olahraga seperti karpet olahraga dan lakukanlah push up di atasnya. Jika dibutuhkan, mintalah bantuan seseorang untuk menghitung timer berapa banyak push up yang dapat anda lakukan dalam satu hitungan waktu. Jadi, anda pun dapat semakin termotivasi untuk rutin melakukan push up setiap harinya.

9. Plank Crawl

Olahraga ringan namun efektif untuk mengeluarkan keringat adalah plank crawl. Seperti yang diketahui, tidak ada gerakan khusus yang perlu anda lakukan untuk melakukan gerakan ini. Anda hanya perlu menyiapkan karpet olahraga dan tahanlah berat tubuh anda menggunakan kedua tangan anda. Awalnya, posisi ini akan terlihat seperti sedang merangkak. Akan tetapi, sebenarnya anda sedang melatih tubuh anda untuk dapat menahan berat badannya tetap seimbang. Latihan ini memang sangat dibutuhkan bagi anda yang ingin memiliki tubuh lebih indah tanpa adanya lemak berlebih. Selamat mencoba dan dapatkan bentuk tubuh indah hanya milik anda dan kepercayaan diri anda pun dapat meningkat dengan pesat.

10. Senam Aerobik

Selanjutnya, walau dalam waktu yang singkat senam aerobik dapat anda lakukan di pagi hari. Senam aerobik merupakan senam yang mencakup berbagai jenis gerakan untuk melatih seluruh bagian pada tubuh ini. Tidak butuh waktu lama untuk satu set senam aerobik. Setidaknya anda hanya perlu menyediakan waktu selama 30 menit untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Ada banyak panduan melakukan senam aerobik yang dapat anda temukan. Ikutilah panduan tersebut setiap pagi hari sebelum anda mulai beraktivitas. Komitmen anda untuk tetap melakukan olahraga di pagi hari ini, selanjutnya akan mendatangkan banyak manfaat bagi anda dan kesehatan tubuh anda.

11. Yoga

Yoga merupakan olahraga yang identik dengan wanita. Namun, jangan anggap remeh olahraga yang memang tergolong ringan ini. Walau terlihat ringan untuk dilakukan, namun faktanya tidak semua gerakan yoga dapat dengan mudah anda ikuti. Jika anda ingin merasakan manfaat dari olahraga di pagi hari, maka anda dapat melakukan olahraga jenis senam yang satu ini. Olahraga ini tidak membutuhkan alat apapun, hanya sebuah karpet yoga yang anda butuhkan untuk memulainya. Selain itu, anda juga perlu menyediakan waktu luang anda sekitar 45 menit lamanya. Anda dapat melatih berbagai gerakan yoga sesuai dengan panduan yang ada di berbagai sumber. Latihan yoga ini dapat anda lakukan di ruang kamar anda atau ruang tamu anda yang cukup luang untuk dapat melakukan yoga.

12. Tenis Meja

Selanjutnya, anda juga dapat melakukan olahraga tenis meja untuk mengisi pagi hari anda. Sama seperti dengan olahraga yang sebelumnya sudah disebutkan, tenis meja pun termasuk jenis olahraga ringan yang dapat dilakukan di pagi hari. Olahraga ini tergolong ringan, namun tidak mudah untuk memulainya jika anda tidak memiliki meja untuk tenis meja ini. Sederhananya, anda hanya cukup menyediakan meja dan net tenis meja untuk mensiasatinya. Memang cukup sulit untuk menemukan meja yang cocok untuk melakukan tenis meja, akan tetapi hanya sedikit waktu yang perlu anda luangkan untuk kemudian membakar kalori dengan tenis meja ini. Jadi cobalah jenis olahraga pagi ini dengan rutin di rumah anda.

13. Wall Climbing

Yang dimaksud dengan panjat tebing kali ini bukanlah panjang tebing yang membutuhkan tebing khusus. Anda hanya perlu menelentangkan badan di atas karpet untuk memulai jenis olahraga ini. Setelah telentang, gerakkanlah kaki tangan anda seakan-akan anda sedang memanjat sebuah tebing. Walau terlihat mudah, namun sangat berat untuk dapat menggerakkan tangan dan kaki berkai-kali dalam posisi telentang. Rutinlah melakukan olahraga yang terlihat ringan ini untuk melatih stamina anda di pagi hari. Jadi tubuh anda pun dapat menjadi lebih sehat dan tidak lagi mudah terserang penyakit. Selamat mencoba olahraga wall climbing sederhana di rumah anda bahkan di kamar anda ini.

14. Futsal

Jenis olahraga ini memang sederhana, namun tidak mungkin dilakukan sendiri dan di rumah anda. Oleh karena itu, olahraga futsal ini sangat disarankan untuk anda lakukan di pagi hari namun di hari libur anda. Tentu anda perlu membedakan intensitas olahraga ringan yang dapat dilakukan di pagi hari libur dan bukan hari libur. Di hari libur lakukanlah olahraga futsal bersama beberapa teman anda. Tanpa disadari sambil bersenang-senang, anda pun telah membakar banyak kalori dan mencegah berbagai resiko penyakit menyerang anda. Memang olahraga futsal ini membutuhkan biaya yang cukup banyak, mengingat anda perlu membayar sewa lapangan per jam dan berbagai kebutuhan lain seperti transportasi dan sejenisnya.

15. Badminton

Anda yang benar-benar tidak ingin keluar rumah sama sekali di pagi hari, namun ingin olahraga yang menyenangkan dapat melakukan olahraga badminton di rumah. Jenis olahraga yang satu ini merupakan deskripsi yang sangat tepat untuk menggambarkan olahraga ringan yang dapat dilakukan di pagi hari. Untuk dapat melakukan badminton di rumah, anda tidak selalu memerlukan lawan main pun net. Anda hanya perlu menyiapkan raket dan kok untuk kemudian memainkannya sendiri setiap pagi. Lakukan hal ini di pagi hari bahkan sebelum orang rumah anda terbangun, agar tidak ada yang mengganggu olahraga anda. Bagi anda yang tidak memiliki kok dapat menggantinya dengan bola tenis untuk menghasilkan olahraga yang lebih menyenangkan.

16. Senam Lilin

Anda juga dapat melakukan senam lilin untuk menggerakkan badan anda di pagi hari. Senam lilin merupakan gerakan mengangkat kedua kaki lurus ke atas. Sederhana memang kelihatannya, namun jangan salah sangka senam lilin pun bermanfaat untuk melatih kesehatan tubuh anda dan membakar kelebihan kalori di beberapa bagian tubuh. Jika kamu ingin lebih efektif hasil berolahraganya, maka lakukanlah senam lilin dalam jangka waktu yang cukup lama. Namun, jangan juga memaksakan diri hingga membuat bahaya. Olahraga yang baik tidak selalu harus berat, sederhana namun mengeluarkan keringat sudah dapat sangat bermanfaat untuk mengisi pagi anda. Jadi jangan ragu lagi dan milikilah tubuh sehat dengan berolahraga di pagi hari.

17. Donkey Kickback

Olahraga ringan namun efektif untuk mengeluarkan keringat selanjutnya adalah donkey kickback. Seperti yang diketahui, tidak ada gerakan khusus yang perlu anda lakukan untuk melakukan gerakan ini. Anda hanya perlu menyiapkan karpet olahraga dan tahanlah berat tubuh anda menggunakan kedua tangan anda. Awalnya, posisi ini akan terlihat seperti sedang merangkak. Akan tetapi, selanjutnya harus mengangkat satu persatu kaki anda secara bergantian seperti keledai yang menendang ke belakang. Latihan ini memang sangat dibutuhkan bagi anda yang ingin memiliki tubuh lebih indah tanpa adanya lemak berlebih. Selamat mencoba dan dapatkan bentuk tubuh indah hanya milik anda dan kepercayaan diri anda pun dapat meningkat dengan pesat.

18. Treadmill

Jenis olahraga pagi yang paling populer selanjutnya adalah treadmill. Akan tetapi, anda harus menyiapkan mesin treadmill sebelum anda bisa melakukannya. Gerakan olahraga ini sama saja dengan berlari. Hanya anda tidak perlu berpindah tempat, melainkan lari di atas mesin yang diatur khusus untuk waktu dan kecepatan berlarinya. Anda yang rajin melakukan treadmill kemudian dapat memiliki berat badan ideal, akibat banyaknya kalori yang terbakar. Jika anda tidak memiliki mesin treadmill, maka pilihan anda jatuh pada berlari biasa. Hanya caranya saja yang berbeda, namun latihan yang anda dapatkan sebenarnya sama. Jadi jika memungkinkan gunakanlah treadmill dan jika tidak memungkinkan lakukanlah olahraga sejenis yang tidak membutuhkan alat  khusus, yaitu jogging.

19. Elliptical Training

Peralatan khusus yang dapat anda gunakan dikenal dengan olahraga elliptical training. Jenis olahraga yang dihasilkan mesin ini adalah olahraga berjalan kaki sekaligus naik tangga. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, kedua jenis olahraga tersebut adalah olahraga ringan yang dapat dilakukan di pagi hari. Nah untuk lebih mudahnya lagi, anda dapat melakukan keduanya dengan menggunakan mesin ini. Anda cukup menghabiskan waktu beberapa menit untuk membakar lemak di tubuh anda menggunakan mesin ini. Jika anda tidak memiliki mesin ini, maka lakukanlah jalan kaki dan naik turun tangga secara manual, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.

20. Ball Crunch

Olahraga ringan yang dapat dilakukan di pagi hari selanjutnya adalah ball crunch. Anda membutuhkan bola gym untuk dapat melakukan olahraga ini. Sederhana memang, anda hanya perlu melakukan peregangan dengan bantuan bola gym. Tubuh anda akan lebih terasa lentur dan fleksibel jika anda rajin melakukan olahraga ini.

Itulah tadi setidaknya 20 olahraga ringan yang dapat dilakukan di pagi hari. Semoga setelah mengetahui informasi ini anda menjadi lebih rajin lagi untuk berolahraga. Manfaatkanlah waktu pagi anda untuk berolahraga dan dapatkanlah tubuh yang lebih sehat dan kuat. Jadi jangan ragu lagi, mulailah berolahraga dari sekarang.

https://gurupenjaskes.com