17 Kebaikan yang Kamu Dapatkan Saat Rutin Salat Tahajud

Kamis, 11 Juli 2019 | 09:33:11

17 Kebaikan yang Kamu Dapatkan Saat Rutin Salat Tahajud

 

Selain mengerjakan salat wajib, umat Islam juga dianjurkan untuk mengerjakan salat sunnah. Salat tahajud adalah salat sunnah yang dilakukan di malam hari. Dalam sejumlah hadits shahih disebutkan berbagai keutamaannya.

Ini lho beberapa kebaikan yang bisa kamu dapatkan jika rutin mengerjakan salat tahajud. Yuk simak!

1. Penghapusan dosa

Hendaklah kalian melaksanakan salat malam karena sholat malam itu merupakan kebiasaan orang-orang shaleh sebelum kalian, ibadah yang mendekatkan diri kepada Tuhan kalian, serta penutup kesalahan dan penghapus dosa." (HR. Tirmidzi, Al-Hakim, Baihaqi)

Merasa banyak dosa? Ampunan Allah SWT terbuka untuk hamba yang salat tahajud.

2. Mendapatkan cinta dan Ridho Allah SWT

"Ada 3 macam manusia, Allah SWT mencintai mereka, tersenyum kepada mereka, dan merasa senang dengan mereka, yaitu salah satunya adalah orang yang memiliki istri cantik serta tempat tidur lembut dan bagus. Kemudian ia bangun malam (untuk sholat), lalu Allah SWT berkata: 'Ia meninggalkan kesenangannya dan mengingat Aku. Seandainya ia berkehendak, maka ia akan tidur." (Riwayat Ath-Thabrani)

Allah SWT mencintai orang yang meninggalkan kenikmatan tidurnya untuk bersujud dihadapannya, orang yang me mengambil wudhu lalu salat tahajud akan mendapatkan ridho bahkan cinta dari Allah SWT.

3. Lebih dekat dengan sang pencipta, Allah SWT

"Hendakah kalian mengerjakan qiyaamullail, sesungguhnya ia adalah kebiasaan orang-orang shaleh sebelum kalian, mendekati diri kepada Allah Ta’ala, mencegah perbuatan dosa, menghapus kejahatan dan menangkal penyakit dari badan." (Diriwayatkan At-Turmudzi, Al-Hakim).

Disaat sebagian umat manusia tertidur pulas dan kamu menunaikan salat tahajud ditengah heningnya malam maka kamu sedang mendekatkan diri kepada Allah SWT.

4. Salat tahajud memberi cahaya di wajah dan hati

Orang yang rutin mengerjakan salat tahajud akan tampak tanda kesolehan di wajahnya. yang diperkuat oleh hadist berikut.

Rasulullah menjelaskan dalam sebuah hadist “ bahwa orang yang melaksanakan sholat tahajud akan wajahnya akan terlihat atampan atau cantik di siang harinya.” (HR Ibnu Majah).

5. Salah satu cara bersyukur

Diriwayatkan Aisyah R.A, ia berkata : “Nabi SAW mengerjakan shalat malam hingga bengkak kedua telapak kaki beliau,lalu aku katakan kepada beliau,’Mengapa engkau melakukan seperti ini, ya Rosulullah, padahal dosamu yang lalu maupun yang akan datang telah diampuni oleh Allah? ‘Beliau menjawab,’ Apakah aku tidak boleh menjadi hamba Allah yang bersyukur?” (HR. Bukhori)

Salat tahajud juga menjadi salah satu wadah mensyukuri nikmat yang telah Allah SWT berikan dan bersyukur merupakan salah jalan kebahagian.

6. Salah satu sunnah Rasulullah yang tak pernah beliau lewatkan

Rasulullah SAW bersabda: “Sholat yang paling afdhol setelah sholat fardhu adalah sholat malam” (HR. An Nasa’i).

Hukum salat Tahajud adalah sunnah muakkadah, yaitu sunnah yang sangat dianjurkan

7. Termasuk dalam golongan hamba yang bertakwa

Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa itu berada dalam taman-taman surga dan di mata air-mata air, sambil mengambil apa yang diberikan oleh Rabb mereka. Sesungguhnya mereka sebelum itu (di dunia) adalah orang-orang yang berbuat kebaikan, (yakni) mereka sedikit sekali tidur di waktu malam, dan di akhir-akhir malam mereka memohon ampun (kepada Allah).” (QS. Adz-Dzariyat: 15-18).

Subhanallah, kamu termasuk golongan orang yang ber takwa dan berada dalam taman taman surga jika mengerjakan amalan ringan di akhir malam ini.

8. Termasuk golongan pengingat Allah SWT

Bersabda Nabi SAW : “Jika suami membangunkan istrinya untuk shalat malam hingga keduanya shalat dua raka’at, maka tercatat keduanya dalam golongan (perempuan/laki-laki) yang selalu berdzikir.” (HR Abu Daud).

Allah SWT mengingat hamba yang selalu mengingatkannya dan berzikir adalah salah satu cara mengingat Allah SWT.

9. Mendapat tempat yang tinggi di sisi Allah SWT

Dan pada sebagian malam hari bershalat ta-hajjudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Rabb-mu mengang-katmu ke tempat yang terpuji.” ( QS. Al-Israa’ : 79).

Yakin masih tidak mau menyisihkan 10 hari tidurmu untuk salat sunnah tahajud?

10. Tambang pahala di penghujung malam

"Lambung mereka jauh dari tempat tidurnya, sedang mereka berdo’a kepada Rabb-nya dengan rasa takut dan harap, dan mereka menafkah-kan sebagian dari rizki yang Kami berikan ke-pada mereka. Seorang pun tidak mengetahui apa yang disembunyikan untuk mereka yaitu (bermacam-macam nikmat) yang menyedapkan pandangan mata, sebagai balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan.” ( QS . As-Sajdah : 16-17).

Amalan yang ringan namun berat ditimbangan, bukan?

11. Mendapatkan kebaikan dunia dan akhirat

Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya di malam hari terdapat waktu tertentu, yang bila seorang muslim memohon kepada Allah dari kebaikan dunia dan akhirat pada waktu itu, maka Allah pasti akan memberikan kepadanya, dan hal tersebut ada di setiap malam.” (HR Muslim).

12. Termasuk golongan orang orang shalih

"Biasakanlah dirimu untuk shalat malam karena hal itu tradisi orang-orang shalih sebelummu, mendekatkan diri kepada Allah, menghapus dosa, menolak penyakit, dan pencegah dari dosa.” (HR. Ahmad).

jika kamu mengikuti kebiasaan baik orang-orang saleh maka kamu merupakan bagian dari mereka. Dari hadist di atas juga dijabarkan bahwa salat malam juga dapat mencegah penyakit. Memang kebaikan dunia akhirat ya.

13. Terhindar dari godaan setan

Syaitan mengikat di pangkal kepala seseorang darimu saat ia tidur dengan tiga ikatan yang pada masing-masingnya tertulis, ‘Malammu sangat panjang, maka tidurlah!’ Bila ia bangun lalu berdzikir kepada Allah, maka satu ikatan lepas, bila ia berwudhu’ satu ikatan lagi lepas dan bila ia shalat satu ikatan lagi lepas. Maka di pagi hari ia dalam keadaan semangat dengan jiwa yang baik. Namun jika ia tidak melakukan hal itu, maka di pagi hari jiwanya kotor dan ia menjadi malas.” (HR. Bukhari).

Salat tahajud juga mampu menangkal sifat malas dalam dirimu dan membuatmu menjadi bersemangat. Siapa yang keseringan mager? Wajib coba nih!

14. Jaminan masuk surga

Kebaikan salat tahajud selanjutnya adalah mendapat jaminan masuk surga. Ini sesuai dengan keterangan dari sabda Rasulullah SAW, yang berbunyi:

Rasulullah SAW bersabda "Wahai manusia, sebarkanlah salam, beri makanlah, sambung tali kasih, sholat malamlah saat orang pada terlelap, maka masuklah surga dengan selamat". (HR. Al-Hakim, Ibnu Majah, At-Tirmidzi).

15. Penyelamat dari siksa api neraka dan mendapat keringanan saat hisab

Rasulullah SAW bersabda: “Ada tujuh golongan yang akan dilindungi Allah dalam lindungan-Nya pada hari tidak ada perlindungan selain perlindungan-Nya: Imam yang adil, pemuda yang rajin beribadah, seorang yang hatinya selalu terpaut dengan masjid, dua orang yang saling mencintai, bertemu dan berpisah hanya karena Allah, seorang laki-laki yang diajak oleh seorang perempuan terhormat dan cantik, lalu ia berkata aku takut kepada Allah, seorang yang menyembunyikan sedekahnya tidak ingin dilihat orang, dan seorang yang mengingat Allah dalam keheningan hingga menitikkan airmata.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim).

Tidak akan ada amalan kita yang sia-sia meskipun sekecil apapun itu. Salat tahajud 2 rakaat saja sudah bisa membuatmu terbebas dari api neraka dan selalu dalam lindungan Allah SWT.

16. Waktu yang paling mustajab untuk berdoa

Rasululllah SAW bersabda “Rabb kita Tabaraka wa Ta’ala turun setiap malam ke langit dunia ketika masih tersisa sepertiga malam terakhir, lalu Dia berfirman: “Barangsiapa yang memohon ampun kepada-Ku, niscaya Aku mengampuninya. Barangsiapa yang memohon (sesuatu) kepada-Ku, niscaya Aku akan memberinya. Dan barangsiapa yang berdoa kepada-Ku, niscaya Aku akan mengabulkannya.” (HR. Bukhari).

Doa yang kamu lantunkan saat sebagian besar orang terlelap akan didengar hingga ke langit bahkan diamini malaikat.

17. Mencegah diri dari perbuatan dosa

"Hendakah kalian mengerjakan qiyaamullail, sesungguhnya ia adalah kebiasaan orang-orang shaleh sebelum kalian, mendekati diri kepada Allah Ta’ala, mencegah perbuatan dosa, menghapus kejahatan dan menangkal penyakit dari badan." (Diriwayatkan At-Turmudzi, Al-Hakim).

Qiamullail adalah merujuk kepada amalan beribadah pada malam hari. Allah SWT sangat menyayangi hambanya yang selalu mengerjakan setiap ibadah dengan ikhlas, termasuk salat tahajud.

Yuk, rajin lakukan salat tahajud!

https://www.idntimes.com