15 Manfaat Pepaya untuk Kesehatan

Kamis, 21 Februari 2019 | 13:22:15

15 Manfaat Pepaya untuk Kesehatan

 

Doktersehat.com – Meski terkenal sebagai buah yang dipercaya mampu memperlancar buang air besar (BAB) karena mengandung banyak serat. Tapi tahukah Anda bahwa ada banyak manfaat buah pepaya lainnya yang bisa Anda dapatkan untuk kesehatan? Nah, selengkapnya berikut ini akan dijelaskan berbagai macam manfaat buah pepaya.

Apa Saja Manfaat Pepaya bagi Kesehatan?

Berikut ini 15 manfaat buah pepaya bagi kesehatan yang harus Anda ketahui, di antaranya:

1. Memperlancar sistem pencernaan

Sabagian orang pasti tahu bahwa manfaat buah pepaya bisa mengatasi sembelit atau susah BAB, maka sangat penting untuk Anda mengonsumsi pepaya setelah makan. Selain mudah didapat, pepaya juga memiliki banyak khasiat bagi kesehatan.

Buah pepaya mengandung ‘papain’ yang dapat membantu dalam pencernaan dengan memecah protein. Buah pepaya merupakan sumber serat yang baik, folat, vitamin A, karotenoid, lutein, lycopene dan asam amino esensial yang memengaruhi fungsi sel.

2. Sebagai cadangan energi

Selain berfungsi untuk memperlancar pencernaan, manfaat pepaya ternyata juga dapat memberikan cadangan energi untuk Anda yang memiliki banyak aktivitas. Selain bisa menjadi cadangan energi yang membuat Anda tidak mudah lelah, buah pepaya juga bisa membantu Anda untuk mendapatkan tidur nyenyak setiap malam dan tidak mengalami insomnia.

3. Memperbaiki daya tahan tubuh

Pepaya mengandung vitamin C sebanyak 33 persen lebih banyak dibanding buah jeruk. Hal ini menjadikan buah pepaya menjadi salah satu buah andalan untuk membantu memulihkan kondisi tubuh setelah sakit. Selain itu, khasiat buah pepaya lainnya juga bisa menguatkan kekebalan tubuh.

4. Membuat kulit mulus

Khasiat buah pepaya yang satu ini menjadi kabar baik bagi kaum perempuan. Buah pepaya mengandung vitamin E yang tinggi. Maka dari itu, banyak perusahaan kosmetik yang memanfaatkan kandungan pepaya ini untuk membuat produk anti-aging alias pencegah penuaan. Kandungan vitamin E yang tinggi ini bisa mencegah dan mengobati flek-flek hitam sehingga kulit semakin mulus dan kencang.

5. Kulit pepaya bisa mengobati ruam

Banyak orang menganggap bahwa khasiat pepaya hanya terdapat pada daging buahnya. Padahal, kulit pepaya juga bisa menjadi obat yang ampuh untuk ruam dan kulit yang terbakar matahari. Sensasi dingin dari kulit pepaya akan memberikan efek yang menenangkan pada kulit yang ruam atau kulit yang terbakar matahari.

6. Cocok untuk diet

Khasiat pepaya bagi kesehatan lainnya adalah untuk diet.  Satu buah pepaya ukuran medium panjang 5 inci (12,7 cm) dan diameter 3 inci (7,6 cm) hanya mengandung 119 kalori, kurang dari 0,5 g lemak, 24 g gula alami dan 5,5 g serat. Jadi, Anda bisa mengonsumsi pepaya di sela-sela diet Anda tanpa harus takut akan mengalami peningkatan berat badan.

7. Mencegah kanker dan tumor

Manfaat buah pepaya untuk kesehatan tidak hanya terletak pada buahnya saja. Daun buah pepaya juga ikut memberikan konstribusi pada kesehatan tubuh. Para peneliti di University of Florida menggunakan ekstrak daun pepaya kering untuk menemukan efek dramatis pepaya terhadap 10 jenis tumor. Penduduk asli di Australia juga telah berhasil menggunakan ekstrak daun pepaya untuk mengendalikan kanker tanpa toksisitas.

8. Menjadi anti parasit

Selama berabad-abad, akar dan biji pepaya digunakan untuk membuat teh, yang berkhasiat untuk mengusir parasit, mengurangi perdarahan, kolik ginjal dan penyakit kuning. Sekitar 20 biji pepaya mengandung protein yang sangat mudah dicerna, bisa dikunyah atau ditelan untuk menghilangkan sebagian besar parasit.

Sebuah studi dari Nigeria dan diterbitkan dalam Journal of Medicinal Food menemukan bahwa biji pepaya kering adalah pengobatan yang efektif murah, alami dan banyak tersedia untuk parasit usus manusia tanpa efek samping yang signifikan.

9. Mencegah penyakit jantung

Manfaat pepaya untuk kesehatan selanjutnya adalah sebagai pencegah penyakit jantung. Kandungan pepaya terdiri dari vitamin C yang tinggi dan likopen yang sangat bermanfaat untuk menguatkan fungsi jantung Anda. Jadi, jika Anda ingin mencegah penyakit jantung, konsumsi pepaya secara rutin agar jantung Anda semakin sehat.

10. Membuat rambut subur

Manfaat buah pepaya untuk kesehatan umumnya dikaitkan dengan kesehatan organ pencernaan, akan tetapi tahukah Anda bahwa manfaat buah pepaya juga untuk kecantikan. Manfaat pepaya ini bisa diterapkan untuk membuat rambut subur.

Konsumsilah buah pepaya secara rutin untuk membuat rambut menjadi lebat dan subur. Selain itu, pepaya juga bisa membuat kuku semakin cantik dan tidak mudah patah.

11. Mencegah asma

Risiko mengembangkan asma lebih rendah pada orang yang mengonsumsi sejumlah besar nutrisi tertentu. Salah satu nutrisi ini adalah beta-karoten, yang terkandung dalam makanan seperti pepaya, aprikot, brokoli, melon, labu, dan wortel.

12. Menyehatkan tulang

Asupan rendah vitamin K telah dikaitkan dengan risiko patah tulang yang lebih tinggi. Konsumsi vitamin K yang cukup penting untuk kesehatan yang baik, karena meningkatkan penyerapan kalsium dan dapat mengurangi ekskresi kalsium urine, yang berarti ada lebih banyak kalsium di dalam tubuh untuk memperkuat dan membangun kembali tulang. Anda bisa mendapat vitamin dari buah pepaya.

13. Diabetes

Khasiat pepaya ternyata dapat mengatasi diabetes. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang-orang pengidap diabetes tipe 1 yang mengonsumsi makanan berserat tinggi memiliki kadar glukosa darah yang lebih rendah, dan orang-orang dengan diabetes tipe 2 mungkin telah meningkatkan kadar gula darah, lipid, dan insulin. Mengonsumsi pepaya dapat memenuhi 3 gram serat, yang setara dengan hanya 17 gram karbohidrat.

14. Peradangan

Kolin adalah nutrisi sangat penting dan serba guna yang terkandung dalam buah pepaya. Kandungan pepaya ini dapat membantu tubuh kita beristirahat, gerakan otot, belajar, dan memori. Kolin juga membantu mempertahankan struktur membran sel, membantu transmisi impuls saraf, membantu penyerapan lemak, dan mengurangi peradangan kronis.

15. Menyehatkan mata

Degenerasi makula terkait usia. Memiliki berbagai manfaat pepaya untuk kesehatan, termasuk pencegahan asma dan bahkan sifat anti-kanker.

Zeaxanthin, antioksidan yang terkandung dalam pepaya dapat menyaring sinar biru yang berbahaya. Diperkirakan memainkan peran protektif dalam kesehatan mata, dan dapat menangkal degenerasi makula. Namun, asupan lebih tinggi dari semua buah telah terbukti mengurangi risiko dan perkembangan degenerasi makula terkait usia.

Mengetahui banyaknya manfaat buah pepaya yang bisa Anda dapatkan, tentu Anda tidak lagi ragu untuk mengonsumsi buah pepaya setiap harinya kan, Teman Sehat?

https://doktersehat.com