11 Minuman Tradisional Indonesia Untuk Pengobatan

Rabu, 10 Juli 2019 | 09:48:53

11 Minuman Tradisional Indonesia Untuk Pengobatan

 

Seperti diketahui bersama, minuman tradisional Indonesia memang cukup banyak, ada yang dapat menyegarkan dahaga, namun banyak juga yang memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan atau pengobatan. Berikut ini adalah 11 macam minuman tradisional yang dapat digunakan untuk pengobatan, anatra lain.

1. Kunyit asam

Jamu kunyit asam,  adalah salah satu jenis minuman dari jenis jamu yang cukup popular di kalangan masyarakat. Minuman yang terbuat dari kunyit dan asam ini memang kaya akan manfaat, dan terbukti dapat mengatasi atau mengobati beberapa jenis penyakit tertentu, antara lain dapat menetralisir racun dalam tubuh, digunakan sebagai minuman diet karena dapat membakar lemak dalam tubuh, dapat mengatasi infeksi pada tubuh, dapat memperlancar haid, mencerahkan kulit,  dapat memperlambat proses penuaan dini, dan dapat menghilangkan bau badan. Minuman ini dapat dikonsumsi oleh siapa saja, baik anak-anak, wanita, pria atau bahkan ibu hamil.

Cara membuat minuman ini adalah dengan mencuci bersih kunyit, kupas dan haluskan, rebus bersama asam jawa, garam dan air secujkupnya.  Rebus hingga air mendidih.

2. Beras kencur

Minuman berkhasiat lainya adalah beras kencur. Seperti namanya, minuman ini terbuat dari beras dan juga kencur. Ini adalah minuman kedua yang juga paling sering dikonsumsi, karena kaya akan khasiat dan manfaat untuk tubuh. Rasa minuman ini cukup khas dan menyegarkan, perpaduan antara rasa asam, manis dan sedikit pahit. Minuman ini dapat digunakan untuk mengatasi pegal linu, dapat meningkatkan nafsu makan, mempertebal dinding lambung,  mengatasi masuk angin, meningkatkan sistem imun tubuh, mengatasi batuk, sebagai analgesik / meredakan nyeri, melangsingkan tubuh, dapat mengatasi perut mulas, sebagai obat sariawan, dll.

Untuk membuatnya, cuci besih beras dan kencur, kemudian haluskan. Tambahkan gula aren dan garam secukupnya, kemudian rebus hingga mendidih.

3. Sinom

Mungkin sebagian dari Anda belum mengenal betul istilan minuman Sinom. Sinom ini sendiri adalah minuman dari jenis jamu yang terbuat dari irisan kunyit dan daun asam jawa yang masih muda. Kedua bahan ini diresbus, hingga menciptakan rasa yang menyegarkan. Minuman ini juga cocok dikonsumsi oleh siapa saja, baik wanita maupun pria. Ada banyak sekali khasiat yang akan Anda peroleh ketika mengkonsumsi minuman yang satu ini, antara lain dapat memperlancar sistem pencernaan, mempunyai sifat anti piretik atau menurunkan demam, mengatasi batuk berdahak, dapat memperlancar ASI, kaya akan kandungan antioksidan alami, dapat mengatasi masuk angin, memperlancar dan mengurangi rasa nyeri ketika haid, dapat mengontrol kadar gula dalam darah, serta mencegah hipertensi.

Cara membuatnya cukup sederhana, cukup siapkan daun asam yang masih muda dan irisan kunyit, rebus dan tambahkan gula merah secukupnya.

4. Wedang Secang

Wedang Secang ini terbuat dari kayu yang bernama Secang. Kayu yang satu ini berwarna merah, cara membuat minuman ini cukup sederhana, Anda dapat menggunakan bahan ini saja atau mencampurnya dengan bahan lainnya. Iris dan cuci bersih kayu secang,  kemudian rebus bersama air secukupnya. Air rebusan akan berubah menjadi merah, setelah mendidih angkat dan tambahkan gula pasir secukupnya. Khasiat mengkonsumsi wedang Secang ini secara teratur untuk tubuh, antara lain sebagai antioksidan, mencegah penuaan dini, mengandung vitamin C, menurunkan resiko penyakit jantung, antibiotik alami, meningkatkan imun tubuh, menghentikan pendarahan, dll.

5. Wedang Jahe

Siapa yang tidak kenal dengan wedang jahe, minuman yang terbuat dari air rebusan jahe atau dapat ditambah juga dengan beberapa rempah lainnya ini, memang terkenal akan khasiat yang baik untuk tubuh. Adapun berbagai macam manfaat yang akan Anda peroleh ketika mengkonsumsi minuman ini secara teratur antara lain, dapat memperbaiki sirkulasi darah, dapat menjaga sistem pencernaan, dapat mengatasi sakit kepala, mengatasi demam, meningkatkan sistem metabolisme dalam tubuh, dapat digunakan sebagai program diet, dapat mengatasi kanker, detoksifikasi, obat jerawat dan dapat digunakan sebagai pengobatan gigi dan gusi.

6. Sarabba

Sarabba ini adalah salah satu minuman khas dari Sulawesi Selatan, ini adalah salah satu minuman yang baik dikonsumsi ketika musim hujan tiba, rasanya yang hangat, tentunya membuat tubuh menjadi lebih hangat. Minuman ini sendiri dibuat dari beberapa bahan, seperti jahe, kuning telur, santan, gula aren, dan juga merica bubuk. Adapun khasiat dari minuman tersebut, antara lain untuk meningkatkan stamina tubuh, dapat mengatasi masuk angin, dapat mengatasi rasa mual, dan beberapa khasiat lainnya.

7. Bandrek

Bandrek adalah salah satu minuman tradisional Indonesia yang berasal dari Jawa Barat. Minuman ini sendiri terdiri atas, jahe, gula aren, daun pandan, kayu manis, cengkeh, dan garam. Semua bahan tersebut, direbus hingga mendidih. Khasaiat yang ada dalam minuman yang satu ini antara lain menjadi salah satu obat untuk melawan kanker, dapat mengatasi sakit gigi, dapat menghangatkan suhu tubuh, menurunkan tekanan darah, kandungan antioksidannya mampu mematikan pathogen asing, anti inflamasi, dapat mengatasi masuk angin, mencegah perut mual dan kembung, mencegah tersumbatnya pembuluh darah, meringankan gejala batuk, membantu sistem pencernaan, dan beberapa khasiat lainnya.

8.Lahang

Lahang adalah salah satu minuman khas Jawa Barat, terbuat dari sadapan air aren atau nira. Salah satu ciri khas dari minuman ini adalah manis dan segar. Minuman ini berkhasait untuk menurunkan demam, mengatasi sembelit, memperkuat tulang, memperlancar ASI, mampu mengatasi dehidrasi, dll.

Ingin selalu sehat, tentu tidak sulit, Anda cukup mengkonsumsi salah satu minuman tradisional Indonesia yang telah disebutkan di atas secara rutin !

9.Bir Pletok

Bir pletok ini sendiri berasal dari Betawi atau Jakarta, ini adalah salah satu minuman khas nusantara yang kaya akan khasiat. Adapun bahan yang biasanya digunakan untuk minuman yang satu ini antara lain jahe, secang, cengkeh, kayu manis, kapulaga, buah pala, dan batang serai. Sedangkan khasiat yang akan Anda peroleh ketika mengkonsumsi minuman yang satu ini, antara lain, dapat meredakan sakit kepala. Melindungi sistem pencernaan dalam tubuh, mengatasi ejakulasi dini, meningkatkan nafsu makan, dll.

10. Es Cingcau

Es Cingcau ini sendiri berasal daru daun cingcau. Kandungan nutrisi yang ada pada daun ini, antara lain antioksidan, fosfor, zat besi, protein, vitamin C, Vitamin B1, vitamin A, dll. Manfaat yang akan diperoleh tubuh antara lain mengatasi diare, osteoporosis, mencegah sel tumor, mengatasi radang lambung, mengatasi tekanan darah tinggi, sebagai anti inflamasi, dll.

11. Wedang Uwuh

Wedang uwuh ini sendiri berasal dari Imogiri, Bantul. Yogyakarta. Arti kata Uwuh sendiri berarti sampah, dalam bahasa Jawa. Namun Anda tidak perlu khawatir, sampah yang dimaksud disini adalah aneka rempah yang kaya akan berbagai macam khasiat. Adapun bahan yang digunakan dalam minuman ini antara lain, jahe, cengkeh, daun cengkeh, kayu manis, daun pala, serutan secang, dan gula batu. Seluruh bahan dicuci bersih kecuali gula batu, kemudian direbus hingga mendidih. Khasiat dari minuman yang satu ini, antara lain dapat mengatasi berbagai masalah pada sistem pencernaan, menurunkan kolesterol, kaya akan antioksidan, meningkatkan stamina, meredakan rasa nyeri, meningkatkan kekebalan tubuh, dan beberapa khasiat lainnya.

https://www.gotravelly.com