10 Tips Sehat Saat Berpuasa di Bulan Ramadhan

Sabtu, 18 Mei 2019 | 10:14:27

10 Tips Sehat Saat Berpuasa di Bulan Ramadhan

 

Marhaban ya ramadhan, marhaban ya syahra siyam

Ramadhan sebentar lagi datang, sudah layaknya kita menyambut dengan bahagia dan suka cita. Berbagai kemuliaan ada di dalam bulan ini, semua muslim berbondong-bondong menyiapkan agar meraih kemuliaan itu. Namun semangat untuk meraih kemuliaan dengan berbagai amalan ibadah itu, harus diimbangi juga dengan pola hidup yang sehat. Jangan sampai di bulan Ramadhan, justru kita jatuh sakit. Untuk menanggulangi itu, perlu mengetahui 10 tips sehat saat berpuasa.

Tips sehat saat berpuasa dalam artikel ini diambil dari beberapa uraian dari doktersehat.com dan tulisan dr.Masludi S, seorang dokter umum dari Indramayu yang menulis di nu.or.id. Simak ulasan beberapa tips sehat saat anda berpuasa berikut ini,

1. Minum yang cukup

Tips sehat pertama saat berpuasa  yaitu dengan minum air dengan cukup 1,5 liter atau setara dengan 8-10 gelas perhari. Minum air yang cukup ini bertujuan untuk mengatasi hidrasi dalam tubuh. Meskipun dalam hal ini tidak merasa haus, apalagi para lansia yang seringkali tidak merasa haus meski baru minum sedikit. Namun, untuk menjaga kesehatan, pola minum  seperti harus dijaga. Minum air di sini juga tidak terbatas hanya air putih saja, tetapi juga air lainnya seperti  jus buah, teh, susu bahkan kuah sayur.

2. Pola makan sehat

Pola makan yang berubah saat berpuasa harus tetap diperhatikan agar tetap sehat. Tips sehat kedua saat berpuasa ini jangan sampai ketika makan buka puasa sebagai ajang balas dendam, sedangkan makan sahur malas-malasan karena dalam kondisi bangun tidur. untuk menjaga pola sehat, makanan saat sahur dan buka harus memenuhi standar gizi yaitu 50 persen karbohidrat, 25 persen lemak, 10-15 persen protein serta vitamin dan mineral secukupnya. Karbohidrat biasa didapatkan dari nasi, kentang atau jagung. Lemak biasanya berasal dari daging, keju, kuning telur susu dan lainnya. Protein biasanya ada dalam ikan, tempe, tahu. Sedangkan sumber vitamin dan mineral dari sayuran dan buah-buahan.

3. Berbuka dengan proporsional

Berbagai masakan dan maknan khas ramadhan seringkali menggoda untuk disantap saat berbuka. Makanan segitu banyaknya membuat kita berbuka dengan berlebihan. Padahal, tips sehat ketiga saat  berpuasa yaitu berbuka dengan proporsional. Sebelumnya telah disebutkan untuk makan sesuai standar gizi. Untuk menjaga proporsi tersebut, makanlah secara bertahap, mulai dengan makan pembuka terlebih dahulu kemudian shalat maghrib dan dilanjut makanan pokok.

4. Makan Kurma

Tips sehat keempat saat berpuasa yaitu mengonsumsi kurma. Buah ini merupakan salah satu makanan yang berkhasiat untuk mengembalikan energi, kurma juga kaya kandungan zat gizi seperti magnesium, kalium, niasin dan serat.

5. Tidur Sesaat waktu siang

Tips sehat kelima saat berpuasa yaitu qailulah atau tidur siang sesaat.  Tidur sesaat waktu siang berguna untuk menghindari keluarnya keringat secara berlebihan. Selain itu, tidur ini merupakan salah satu sunnah nabi.

6. Atur waktu olahraga

Tips sehat yang keenam saat berpuasa, bagi para olahragawan yang ingin tetap bugar. Sebaiknya tidak melakukan olahraga yang terlalu keras selama bulan ramadhan. Kalau ingin berolahraga cukup dilakukan sejam sampai setengah jam sebelum berbuka puasa di sore hari.

7. Tips untuk penderita diabetes

Bagi penderita diabetes, tips sehat saat berpuasa harus selalu melakukan monitor gula darah dan menjaga tubuh dari dehidrasi, serta tetap menghindari makanan yang manis-manis.

8. Orang yang fisiknya lemah

Tips sehat bagi orang yang fisiknya lemah saat berpuasa yaitu mendengarkan konsultasi dokter. Bagi lansia, pasien hipertensi, penyakit jantng dan asma sebaiknya memperhatikan kondisi tubuh, dan selalu melakukan kontrol jika ada gangguan kesehatan.

9. Jangan menghentikan pengobatan tanpa nasihat medis

Tips sehat bagi yang masih dalam masa  perawatan saat berpuasa yaitu tetap mengikuti pola pengobatan, makan dan minum seperti hari biasa. Karena saat kondisi sakit, kita tidak harus berpuasa, karena membawa resiko untuk kesehatan.

10. Membatalkan puasa jika terjadi masalah kesehatan

Tips sehat yang terakhir saat berpuasa yaitu jika terjadi permasalahan kesehatan, langsung batalkan puasa. Karena Islam memberikan kemudahan untuk umatnya, jangan sampai puasa kita justru tidak memberikan faedah dan justru menimbulkan madharat.

Itulah tadi rangkaian tips sehat saat berpuasa. Semoga kita bisa menjaga kesehatan dan sempurna amal ibadah kita di bulan mulia. Amiiin (Zainal Abidin)

https://zakat.or.id