10 Manfaat Sholat Tahajud Untuk Kehidupan Yang Lebih Sehat

Selasa, 6 November 2018 | 09:39:34

10 Manfaat Sholat Tahajud Untuk Kehidupan Yang Lebih Sehat

 

Manfaat Sholat Tahajud akan mudah dirasakan oleh seorang muslim atau muslimah yang memang rajin mengerjakan sholat tahajud. Sholat Tahajud adalah sholat sunnah yang dikerjakan di malam hari, setelah seseorang bangun dari tidur. Sholat ini termasuk ke dalam hukum sunnah Mu’akad, dimana sunnah ini dikuatkan oleh sya’ra. Oleh sebab itu, tak jarang banyak orang yang melakukan ibadah sunnah secara sempurna. Seperti kita ketahui, kita juga akan tetap mendapatkan pahala jika mengerjakan amalan sunnah tersebut. sama hal nya seperti shalat wajib, saat melaksanakan shalat tahajud, kita juga diwajibkan untuk berdo’a kepada Alloh SWT dengan Khusyuk. Berikut ini telah dirangkum 10 Manfaat Sholat Tahajud Untuk Kehidupan Yang Lebih Sehat, berikut uraian secara lebih jelas:

1. Penghapus Dosa dan Pencegah Dosa

Sholat Tahajud ini memang sholat sunnah yang bisa dilakukan untuk penghapus Dosa besar yang mungkin pernah kita lakukan sendiri.  Ibadah ini membuat seseorang manusia lebih dekat dengan sang maha penciptanya, Allah SWT. Karena istimewanya sholat ini, Rasullulah juga pernah bersabda, bahwa sholat malam adalah ibadah yang sering dilakukan oleh orang –orang shaleh. Selain menghapus Dosa, tahajud juga dapat membuat diri kita menjadi pencegah utama untuk melakukan Dosa lagi. Oleh sebab itu, sebagai umat islam yang taat beribadah, mari kita lebih rajin lagi untuk sholat Tahajud dan juga terlepas dari beban Dosa yang besar.

2. Ketakwaan Terlihat pada Wajahnya

Seseorang muslim yang rajin melaksanakan sholat Tahajud, maka akan terpancar sinar di wajahnya yang menunjukan bahwa ia adalah orang yang bertakwa kepada Allah SWT. Ketakwaanya ini ternyata tidak sebatas terlihat pada bagian wajahnya, namun pada sifatnya dan tutur katanya juga akan menunjukan hal yang baik. kebaikan dan ketakwaan ini juga bisa mempengaruhi lingkungan sosialnya. Kaum muslimin lainya akan lebih termotivasi dan merasa semangat untuk mulai melaksanakan solat tahajud dan bangun setiap awal malam. Melakukan sholat tahajud , juga mampu meningkatkan kepribadian kita menjadi lebih baik dari sebelumnya. kita harus melakukan shalat tahajud secara rutin untuk manfaat yang lebih baik lagi.

3. Melancarkan Aliran Darah dalam Tubuh

Berkaitan dengan kesehatan kita, melaksanakan Sholat Tahajud ternyata bermanfaat untuk melancarkan aliran darah dalam tubuh. Kamu yang rajin melaksanakan sholat sunnah ini, biasanya akan terbangun pada pukul 03.00 pagi. Udara saat itu tentu masih cukup dingin dan menyegarkan. Saat itulah kita mulai sholat dan memanjatkan Doa-do’a kita. udara yang masih segar ini baik untuk kesehatan, terutama paru-paru. Saat sholat, tubuh juga ikut bergerak mengikuti gerakan sholat imam (jika ada), tubuh kita juga menggerakan otot yang menjadikan badan lebih segar dan seluruh aliran darah, lancar. dalam agama Islam, Sholat adalah hal yang wajib dikerjakan, dan tuhan memerintahkan hal tersebut bukan tanpa alasan. ada berbagai manfaat yang bisa didapatkan.

4. Jaminan Masuk Syurga

Akan selalu ada hadiah dari Allah SWT, bagi hambanya yang mau melaksanakan ibadah dengan baik dan sesuai anjuranya dalam Al-qur’an. Rasullulah SWT pernah mengatakan bahwa siapapun yang melaksanakan shalat malam atau shalat Tahajud, maka baginya jaminan syurga. Dalam beberapa hadist juga mengatakan hal yang sama, seperti sabda nabi. Salah satuna di hadis yang diriwayatkan oleh HR. Al-Hakim, Ibnu Majah dan At Timizy, yang berbunyi “ Wahai Manusia, sebarkanlah salam, beri makanlah, Sambung tali kasih, salat  malamlah saat orang lain terlelap, maka masuklah surge dengan selamat”. Hadiah yang begitu yang besar dan diinginkan semua orang di dunia ini.

5. Pikiran Lebih Segar

Manfaat sholat tahajud yang berikutnya adalah membuat pikiran menjadi lebih segar. Hal ini terkait dengan kegiatan Tidur yang kita lakukan sebelum shalat tahajud. Di setiap harinya kerja jantung manusia sebanyak 100.000 kali dan kita bernafas sebanyak 20.000 kali setiap 1 harinya. tentunya kita sangat membutuhkan istirahat yang cukup. Istirahat ini, bisa kita lakukan dengan tidur sekaligus beristirahat. Seluruh organ tubuh juga akan ikut beristirahat saat itu, tidur membantu memulihkan sel yang sebelumnya sempat terganggu. Saat terbangun, tentunya pikiran kita akan lebih jernih, dan otak juga kan kembali bekerja dengan baik. sebab itulah, shalat tahajud mesti dilakukan saat setelah bangun dari tidur. Pikiran akan lebih segar, shalat menjadi khusyu dan kita bisa lebih memaknai ayat al-quran dengan baik.

6. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Shalat Tahajud memang terbukti membawa banyak manfaat bagi yang menjalankanya. Hal ini membuat para ahli terus melakukan penelitian tentang manfaat shalat tahajud, dan ditemukan secara bio teknologi, bahwa shalat mala mini mampu meningkatkan daya tahan tubuh seseorang. Selain itu, untuk kamu yang mungkin menderita penyakit kanker, kamu bisa merasakan manfaat lainya, seperti hilangnya rasa nyeri yang tidak tertahankan. Shalat tahajud juga dianjurkan untuk kamu yang menderita penyakit berat sekalipun. Para peneliti juga menemukan bahwa shalat tahajud meningkatkan respon positif yang sangat efektif untuk anastesi pra bedah. Sangat luar biasa manfaatnya untuk kesehatan.

7. Lebih Dicintai Allah SWT

Dengan rajin melakukan shata tahajud, kita akan memperoleh cinta Allah SWT. Tuhan kita sangat menyukai hambanya yang mau melaksanakan perintahnya dan menjauhi segala laranganya. Salah satu perintahnya adalah menjalankan shalat tahajud. Seseorang yang memilih untuk bangun dari tidurnya dan menjalankan shalat tahajud dan bersujud kepada sang pencipta, maka Allah SWT akan memberikan segala pengampunan kepada orang tersebut. hal ini tentu karena Allah SWT telah mencintai mereka. kamu ingin lebih dicintai Allah SWT dan lebih memaknai hidup dengan lebih baik, mari kita berlomba untuk shalat tahajud. jangan lupa untuk melakukan sholat ini setelah bangun tidur di sepertiga malam.

8. Mendapat Keringanan di Akhirat

Manfaatnya selanjutnya dari melaksanakan shalat tahajud adalah akan diberikan keringanan di hari akhir nanti. Saat memasuki alam akhirat nanti, setiap orang akan dicatat dosa dan pahalanya, dan keduanya akan menentukan orang tersebut akan masuk Syurga atau Neraka. Akan ada timbangan yang mengetahui segala amal baik atau buruk yang telah dilakukan selama hidupnya. Bila catatan amal baiknya banyak, Surga akan menanti. Sebaliknya, jika catatan amal buruknya yang banyak, maka neraka yang menantinya. Nah, untuk kamu yang suka melaksanakan shalat Tahajud, ini bisa menjadi media untuk mendapatkan keringanan ketika tiba nasab di akhirat. Allah akan memberi nasab ini kepada mereka yang memohon ampun dan berdoa di sepertiga malam.

9. Memenangkan Jihad Melawan Musuh

Manfaat sholat tahajud selanjutnya adalah meraih kemenangan dalam jihad melawan musuh. Seperti kita tahu, musuh terbesar dalam diri kita adalah hawa Nafsu kita sendiri. sebagian orang masih merasa berat untuk melaksanakan sholat tahajud. Mereka tidak sanggup jika harus terbangun saat mereka sedang terlelap dalam tidur. Saat membunyikan Alarm untuk tahajud, berat rasanya untuk mengangkat badan untuk segera bergegas mengambil wudlu. Hawa nafsu seperti ini harus dilawan. Jika berhasil maka ini berarti kamu sudah berhasil melawan hawa nafsu yang diperdaya setan ini. angkat badanmu dan segera ambil wudlu untuk sholat tahajud.

10. Dikabulkanya Doa-doa

Melaksanakan sholat sunnah Tahajud sangat dianjurkan oleh Allah SWT. Allah SWT dengan jelas mengatakan bahwa orang yang memiliki kemauan untuk melaksanakan sholat tahajud, lalu dia memanjatkan segala doa setelahnya, maka doa dan keinginan tersebut akan dikabulkan. Saat kita terbangun di sepertiga malam, malaikat turun ke bumi dan memeriksa siapa saja yang sedang memanjatkan doa, saat itu juga Doa nya akan disampaikan kepada Alloh SWT. Terkabulnya Doa tersebut juga memiliki waktu tertentu untuk diijabah, yaitu di saat sepertiga malam. Panjatkan doa terbaik kita, dan ceritakan semua masalah kita hanya kepadaNYA. Semoga Allah SWT segera mengabulkan Doa kita.

Melaksanakan Sholat Tahajud bagi umat islam, dapat membuat kita semakin dekat dengan tuhan kita, Alloh SWT. saat Sholat Tahajud, kita perbanyak untuk memanjatkan doa dan menceritakan segala masalah kehidupan, karena ketika sholat, saat itulah kita berada sangat dekat dengaNYA. lakukan Sholat Tahajud di waktu sepertiga malam, setelah bangun tidur, karena itu adalah waktu yang mustajab untuk memanjatkan Doa. dengan 10 Manfaat Sholat Tahajud Untuk Kehidupan Yang Lebih Sehat kita tidak hanya akan bahagian secara mental, namun juga hidup akan terasa lebih damai. Keep Tahajud Pray!

http://cintaihidup.com