10 Manfaat Kencur bagi Kesehatan Ini

Sabtu, 2 Februari 2019 | 09:56:46

10 Manfaat Kencur bagi Kesehatan Ini

 

Masyarakat mengenal kencur sebagai tanaman obat yang bagian umbinya kerap menjadi bahan campuran jamu dan bahan baku tonikum untuk menambah nafsu makan pada anak. Daun kencur dapat dibuat menjadi sayur urap yang umum dikonsumsi oleh masyarakat Bali. Rimpang kencur mengandung mineral, pati dan minyak atsiri seperti sineol, asam metal kanil, asam sinamat, etil ester, kamphene dan alkaloid. Kandungannya yang kaya ini membuat kencur juga kaya akan manfaat. Apa saja manfaat kencur bagi kesehatan? Simak 10 manfaat kencur bagi kesehatan berikut ini:

1. Mengobati pilek

Kencur dikenal sebagai obat tradisional untuk mengobati flu secara alami dengan cara melonggarkan pernapasan dan bertindak sebagai antivirus. Cara pemanfaatannya, ambil rimpang kencur secukupnya dan dua helai daun kemukus. Haluskan kedua bahan dan campur dengan air hangat hingga membentuk pasta. Oleskan pada daerah sekitar hidung. Hidung yang tersumbat akan terasa lebih longgar.

2. Mengobati batuk berdahak

Batuk berdahak bisa menjadi sangat mengganggu aktivitas sehari-hari jika tidak segera diobati. Kandungan yang terdapat dalam kencur dapat mengencerkan dahak sehingga saluran pernapasan pun menjadi lebih lega. Campurkan parutan kencur dengan segelas air hangat, lalu saring. Tambahkan sedikit garam dan minumkan pada penderita. Minum ramuan ini dua kali sehari setelah bangun tidur dan sebelum tidur.

3. Mengurangi rasa sakit akibat terkilir

sifat hangat alami sehingga dapat melemaskan otot dan urat yang tegang akibat terkilir atau keselo. Pada zaman dahulu, ketika belum ditemukan pengobatan modern, masyarakat Pulau Jawa menggunakan kencur sebagai obat cedera. Parutan kencur dicampur dengan beras yang telah ditumbuk halus, lalu dibalurkan ke bagian tubuh yang terkilir, tutup dengan perban. Ganti perban dan kencur sehari sekali hingga bagian tubuh yang sakit terasa lebih baik.

4. Mengobati batu ginjal

Sakit batu ginjal bisa terasa sangat menyiksa. Hal ini disebabkan oleh menumpuknya material kristal seperti kalsium, oksalat dan asam urat pada urin. Kencur dapat mengobati sakit batu ginjal secara alami. Dua rimpang kencur dicuci dan diparut, lalu aduk di dalam segelas air hangat, saring dan berikan sedikit garam. Minumkan ramuan ini secara rutin hingga batu ginjal keluar.

5. Mengobati diare

Diare dapat disebabkan oleh infeksi bakteri pada makanan. Gejalanya adalah sakit perut dan mencret sehingga dapat sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Penderita juga harus ke kamar mandi berkali-kali untuk buang air besar. Kencur dapat diolah menjadi obat pereda diare yang mujarab. Dua siung bawang merah dihaluskan bersama dua rimpang kencur. Bungkus ramuan dengan daun pisang, lalu panaskan dengan api kecil di atas wajan tanah selama beberapa saat. Gunakan ramuan sebagai balsam untuk meredakan rasa sakit perut. Jangan lupa mengonsumsi obat diare sesuai anjuran dokter.

6. Menjaga kesehatan kulit

Sifat antiseptik alami yang terdapat pada kencur membuatnya cocok digunakan untuk menjaga kesehatan kulit. Kencur sudah dikenal khasiatnya dalam menjadikan kulit lebih halus sehingga sering digunakan sebagai bahan baku lulur tradisional. Campuran kencur dan beras efektif melembutkan kulit dan mencegah munculnya jerawat pada wajah. Konsumsi jamu tradisional dari bahan kencur juga membantu menjaga berat badan dan membuat kulit menjadi lebih bersih.

7. Meredakan radang lambung

Sakit pada lambung dapat disebabkan oleh asam lambung berlebih, bakteri dan kombinasi keduanya. Asam lambung mengakibatkan luka pada lambung sehingga mudah terserang bakteri. Kencur dapat meredakan pada lambung dengan cara yang sangat mudah. Cukup mengunyah dua rimpang kencur yang sudah dikupas hingga airnya keluar di dalam mulut. Telan air kencur dan buang sisa ampasnya dari mulut.

8. Mengusir nyamuk

Tidak banyak orang yang tahu jika kencur dapat efektif mengusir nyamuk. Menurut hasil penelitian Universitas Chiang Mai, Thailand, kandungan hexane yang terdapat pada kencur dapat mengusir nyamuk. Meskipun masih jarang obat pengusir nyamuk yang menggunakan bahan baku kencur, kamu dapat mencobanya sendiri di rumah. Potongan-potongan kencur yang telah dikupas diletakkan di dekat kamu. Wanginya yang khas tidak hanya mengusir nyamuk, tapi juga dapat berfungsi sebagai aromaterapi yang menenangkan.

9. Mengobati penyakit kulit

Beragam kandungan minyak atsiri pada kencur bertindak sebagai antiseptik dan anti bakteri. Kencur dapat menghambat pertumbuhan jamur penyebab panu dan kurap sehingga dapat digunakan sebagai obat luar. Oleskan parutan kencur pada area kulit secara teratur hingga panu dan kurap berangsur-angsur menghilang. Kamu juga dapat menggunakan kencur sebagai lulur alami untuk menyehatkan kulit dengan menambahkan beras yang sudah dihaluskan dan ditambahkan sedikit air hingga membentuk pasta. Aplikasikan pasta tersebut di kulit badan kamu secara teratur.

10. Melancarkan ASI

Baru-baru ini Departemen Gizi Masyarakat Institut Pertanian Bogor mengembangkan jamu NutriASI berbahan baku kencur yang dapat melancarkan air susu ibu (ASI). Bagi ibu menyusui dapat mencoba ramuan kencur di rumah dengan cara ambil kencur seukuran jari kelingking, lalu digeprak. Siramkan dengan air panas dan tunggu hingga dingin. Minum 2-3 kali seminggu untuk mendapatkan ASI yang lancar. Selain itu, nafsu makan anak yang menyusui juga dapat meningkat dan terlindung dari flu dan batuk.

Nah, itulah 10 manfaat kencur bagi kesehatan kita. Kencur dapat dijadikan sebagai salah satu obat alternatif tanpa banyak efek samping. Namun, yang perlu diperhatikan adalah jangan mengonsumsi kencur terlalu sering agar tidak terjadi penumpukan nutrisi di dalam tubuh dan memberatkan kerja ginjal. Kencur sebagai obat luar tidak memiliki efek samping sama sekali.

https://cintaihidup.com