10 Manfaat Jus Semangka Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Senin, 22 April 2019 | 09:31:45

10 Manfaat Jus Semangka Untuk Kesehatan dan Kecantikan

 

Tak bisa dipungkuri, hampir sebagaian besar orang pasti menyukai buah berwarna merah ini.  Yaph, buah semangka memang memiliki rasa manis. Selain itu buah ini juga menyajikan sensasi kesegaran karena kandungan airnya yang sangat tinggi. Di samping itu, buah semangka dilengkapi pula dengan beragam nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh, seperti vitamin, serat, protein, tiamin, niasin, folat, riboflavin, dan mineral.

Untuk memperoleh manfaat dari semangka, Kamu boleh mengonsumsinya secara langsung atau juga bisa diminum dalam bentuk jus semangka. Yang jelas, buah ini dapat memberikan konstribusi cukup besar dalam menjaga kecantikan dan kesehatan tubuh. Langsung aja yuk simak beberapa khasiat jus semangka dibawah ini! Lets check it out!

1. Mencukupi Asupan Cairan Tubuh

Bayangkan jika Kamu mengonsumsi jus Semangka di siang hari yang terik, tentu terasa sangat segar, bukan? Ya, buah Semangka memang kaya akan air. Menurut penelitian, lebih dari 90% kandungan Semangka adalah cairan. Dengan demikian tak heran bila buah berwarna merah ini dapat menghidrasi tubuh secara optimal. Bahkan lebih baik dibandingkan air putih biasa.

2. Cemilan Penurun Berat Badan

Dibandingkan harus mengonsumsi snack-snack tinggi kolesterol yang beredar di pasaran, akan lebih baik jika Kamu menjadikan jus semangka sebagai cemilan harianmu. Di samping membuat tubuh menjadi fit kembali, jus semangka juga menyimpan kandungan citrulline yang membantu menurunkan berat badan. Selain itu, mengonsumsi jus semangka juga membuat Kita merasakan kenyang lebih lama dikarenakan kandungan airnya yang tinggi.

3. Memperkecil Risiko Kerusakan Mata

Untuk Kamu yang sering beraktivitas di depan layar laptop, atau Kamu yang punya gangguan mata minus, atau bagi Kalian yang sudah berusia lanjut dan menderita rabun dekat, cobalah untuk rutin mengonsumsi jus Semangka. Berdasarkan hasil studi, Ssemangka memiliki kandungan sumber vitamin A yakni beta karoten yang dapat melindungi kesehatan kornea mata.

4. Menjaga Ginjal Tetap Sehat

Mengonsumsi jus Semangka juga dapat menjaga organ ginjal agar tetap sehat. Semangka mengandung senyawa aktif yang bermanfaat untuk memperkecil risiko penyakit ginjal, seperti peradangan ataupun batu ginjal. Selain itu, jus semangka juga memudahkan pengeluaran limbah dan racun-racun yang berbahaya melalui urine. Walau demikian, perlu diingat bahwa penderita penyakit ginjal akut tidak disarankan mengonsumsi Semangka.

5. Mengontrol Tekanan darah

Jus Semangka disebut-sebut sebagai penangkal hipertensi. Kandungan potassium di dalamnya dapat membantu mengontrol tekanan darah dan mencegah penyakit jantung. Dengan demikian, mengonsumsi jus Semangka secara rutin akan membuatmu terhindar dari risiko penyakit tekanan darah tinggi.

6. Membangkitkan Stamina Tubuh

Di saat Kamu merasa kelelahan dan letih karena terlalu banyak kerjaan, cobalah mengonsumsi jus buah semangka. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa buah semangka ini kaya akan vitamin B1, vitamin B6, vitamin C, kalium dan beta karoten yang mampu memberikan cadangan energi bagi tubuh. Oiya, untuk proses penyajiaanya, Kamu boleh menambahkan sedikit madu agar manfaat dari jus semangka sebagai pembangkit stamina menjadi semakin optimal.

7. Anti Kanker

Kelebihan lain dari jus Semangka adalah mampu menangkal penyakit Tumor dan Kanker. Manfaat ini diperoleh dari kandungan antioksidan yang tinggi dalam Semangka, seperti likopen. Beberapa jenis Kanker yang dapat dicegah lewat pengonsumsi Semangka yakni kanker payudara, kanker usus besar, kanker prostat, kanker paru-paru, serta kanker endometrium.

8. Melindungi Organ Jantung

Semangka juga bagus untuk kesehatan organ Jantung. Berbagai senyawa antioksidan dalam Semangka mampu melindungi tubuh dari serangan penyakit jantung. Di samping itu, Adanya zat arginin serta citrulline turut serta dalam menjaga kinerja sistem kardiovaskular dan melancarkan peredaran darah dalam tubuh.

9. Menjaga Kulit Tampak Awet Muda

Nutrisi yang Kamu peroleh dari mengonsumsi jus Semangka tidak hanya berguna untuk organ-organ tubuh, tetapi juga bagus untuk menjaga kesehatan kulitmu. Dengan rutin mengonsumsinya, kulit akan terhindar dari serangan radikal bebas dan terbebas dari tanda-tanda penuaan dini. Sehingga wajah pun akan tampak awet muda dan berseri.

10. Meningkatkan Fungsi Otak

Manfaat terakhir dari jus Semangka yakni meningkatkan kinerja syaraf-syaraf di otak. Atau dengan kata lain, membantu agar Kamu menjadi lebih cerdas. Hal ini dipengaruhi oleh kandungan vitamin B6 yang merupakan sumber asupan pembangun neurotransmitter. Jadi, kalau Kamu ingin pintar, yuk perbanyak konsumsi jus Semangka!

Itulah Guys beberapa manfaat jus Semangka bagi kesehatan dan kecantikan. Hmm, jadi tak sabar ingin segera mengonsumsi semangka ya? Maka dari itu, jangan pernah ragu mengisi kulkasmu dengan berbagai aneka buah-buahan. Karena buah itu sehat. Tapi jangan berlebihan juga! Just balance your food!

https://cintaihidup.com