10 Manfaat Air Kelapa Tua Untuk Kesehatan

Jumat, 6 Juli 2018 | 09:03:02

10 Manfaat Air Kelapa Tua Untuk Kesehatan

 

Air kelapa bersumber dari buah kelapa yang dapat di petik langsung dari batangnya. Air dari buah kelapa sudah lama diketahui dapat mencegah dehidrasi dalam tubuh sehingga banyak air kemasan yang menjadikan air kelapa sebagai bahan dasarnya. Namun tahukah anda jika ada perbedaan antara air kelapa muda dan air kelapa tua.  Menurut penelitian air kelapa tua lebih banyak memiliki manfaat di bidang kesehatan. Ini karena semakin matang buah kepala semakin kaya dan lengkap kandungan gizi yang dimilikinya. Adapun kandungan gizi yang dimiliki oleh air kepala tua adalah :

Mineral yang terkandung dalam air kelapa tua sebanyak 91 % yang berfungsi bagi tubuh untuk melancarkan sistem metabolisme.

Protein berfungsi untuk membantu regenerasi sel – sel kulit dalam tubuh untuk tetap awet dan muda.

Lemak berguna untuk melindungi organ – organ tubuh dari benturan saat terjatuh.

Vitamin c yang kaya akan manfaat untuk memberikan antioksidan alami bagi tubuh anda.

Karbonhidrat merupakan salah satu sumber energi untuk melakukan aktifitas harian tubuh.

Jadi tidak heran jika minum air kelapa tua menjadi salah satu pilihan selain rasanya yang menyegarkan juga memiliki manfaat di bidang kesehatan. Berikut ini ulasan tentang manfaat air kelapa tua bagi kesehatan antara lain :

1. Penyakit usus

Usus terdapat pada bagian bawah lambung dengan ukuran yang sangat panjang. Panjang usus halus pada tubuh manusia sepanjang 8 meter.  Usus terbagi secara garis besar menjadi dua yaitu usus halus dan usus besar. Setelah lambung maka langsung terhubung dengan usus halus baru kemudian usus besar seabgai tempat terakhir pembuangan zat – zat yang tidak digunakan di dalam tubuh. Usus halus berfungsi untuk menyerap sari – sari makanan yang telah di lunakkan di lambung dan sisa makanan yang tidak diserap dilanjutkan pada usus besar untuk di buang dari dalam tubuh. Penyakit usus merupakan salah satu penyakit yang banyak terjadi dan berkibat fatal pada kesehatan anda. Namun tahukah anda bahwa salah satu cara untuk mencegah penyakit usus adalah dengan rutin meminum air kelapa tua sehari – hari. Karena usus halus sangat sensitif dan rentan terhadap berbagai penyakit yang dapat menyerang.

2. Campak

Campak dapat diobati dengan air kelapa muda dengan meminum air kelapa muda sebanyak dua kali dalam sehari. Air kelapa muda dapat membantu mengeringkan campak dan memberikan proses penyembuhan bagi penyakit ini. Ciri – ciri dari penyakit campak adalah bulatan merah – merah yang tumbuh hampir di seluruh tubuh dan demam tinggi yang penderita derita. Campak juga memiliki sifa tmenular oleh sebab itu agar tidak terlalu dekat dengan penderita campak. (Baca juga : Manfaat imunisasi berdasarkan jenisnya)

3. Melancarkan pencernaan

Pencernaan yang sehat ditandai dengan lancarnya proses pembuangan air besar dari dalam tubuh. Sistem pencernaan dapat terganggu saat tubuh kekurangan asupan serat dari luar tubuh. Serat banyak terdapat pada buah dan sayuran. Dan serat juga ada pada air kelapa tua yang berfungsi untuk melancarkan pencernaan sehingga tubuh menjadi sehat dan fit selalu.

4. Membuang racun dalam tubuh

Selanjutnya dari manfaat minum air kelapa tua adalah untuk membuang racun yang bersarang di dalam tubuh. Racun dalam tubuh dikarenakan banyaknya zat kimia seperti pengawet yang terdapat pada makanan yang dimakan. Zat pengawet dan perwarna telah lama di jelaskan bahwa tidak baik untuk kesehatan tubuh. Meski telah banyak edaran melarang penggunaan zat pengawet dan pewarna yang bukan berasal dari bahan alami agar tidak digunakan. Pada kenyataannya tetap di gunakan tanpa menghiraukan dampak yang akan terjadi pada orang yang mengkonsumsinya. Sehingga dalam waktu yang lama zat tersebut mengendap di dalam tubuh dan jika dibiarkan terus menerus akan menimbulkan penyakit seperti kanker yang dapat menyebabkan kematian.

5. Menghilangkan jerawat

Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang banyak terjadi pada usia remaja. Jerawat disebabkan oleh produksi kelenjar minyak yang berlebih pada wajah dan terkontaminasi dengan debu hingga timbullah jerawat. Jerawat memang dapat hilang sendiri saat kadar hormon mulai stabil. Namun langkah untuk penyembuhan juga diperlukan jika kondisi jerawat sangatlah parah. Minum air kelapa dapat membantu menghilangkan jerawat dan juga menyamarkan noda hitam bekas jerawat anda secara alami. Apalagi air kelapa tua juga memiliki rasa yang enak dan lezat.

6. Mengobati luka luar

Salah satu manfaat air kelapa muda selain untuk dikonsumsi juga dapat digunakan untuk mengobati luka yang berada pada luar tubuh. Caranya cukup mudah hanya tinggal mencuci luka dengan air kelapa tua sebanyak dua kali setiap harinya. Secara perlahan proses penyembuhan akan dimulai dengan mengeringkan luka yang anda alami yang berada di luar tubuh.

7. Kolera

Penyakit kolera merupakan penyakit yang berhubungan dengan kulit. Penyakit ini mudah sekali menular saat bersentuhan atau juga melalui pakaian. Kolera mulanya berukuran kecil dan dapat merubah menjadi besar secara perlahan – lahan jika dibiarkan begitu saja. Penyakit kolera ini disebabkan oleh mengkonsumsi makanan yang telah terjankgkiti bakteri vibrio cholerae yang menyebabkan kolera. Untuk mengatasi kolera cobalah untuk rutin mengkonsumsi air kelapa muda sebagai minuman anda.

8. Muntah

Manfaat air kelapa muda berikutnya adalah mengatasi muntah. Muntah dapat terjadi saat perut mengalami gangguan seperti telat makan, bepergian jauh yang menguras banyak tenaga dan demam. Muntah selama ini banyak dianggap sebagai salah satu penyakit yang ringan padahal sebenarnya muntah ini jika dibiarkan dapat menyebabkan tubuh kekurangan cairan yang menyebabkan dehidrasi sehingga tubuh menjadi mudah lelah dan tidak bersemangat.

9. Demam

Berikutnya manfaat yang di dapat dengan mengkonsumsi air kelapa tua adalah mengatasi demam tinggi yang terjadi pada anak. Panas badan tinggi dapat disebabkan karena cuaca yang selalu berubah – ubah sehingga menurunkan daya tahan tubuh anak. Untuk mengatasi demam coba berikan minuman air kelapa untuk menurunkan panas badan.

10. Dehidrasi

Banyaknya anda beraktifitas dapat membuat anda kehilangan banyak cairan tubuh. Sebagai salah satu pengganti cairan tubuh yang hilang secara alami adalah dengan minum air kelapa. Jadi untuk mengatasi rasa haus tidak hnaya memerlukan air putih saja namun juga dapat menggunakan air kelapa. Karena air kelapa tua mengansung karbonhidrat yang dapat digunakan sebagai penambah energi dalam menjalankan aktifitas sehari – hari.

Itulah ulasan singkat mengenai manfaat air kelapa tua yang banyak digunakan di bidang kesehatan. Jadi jangan khaawatir untuk mengkonsumsi air kelapa selama dalam jumlah yang pas tidak akan menimbulkan efek samping apapun.

Cara Membuat Minuman dari Air Kepala Tua

Adapun terdapat cara atau langkah sehingga air kelapa tua tidak hanya menyehatkan namun juga rasanya menjadi enak dan nikmat apalagi di minum saat hari panas. Bahan yang perlu anda siapkan dan cara membuatnya adalah sebagai berikut :

Kelapa tua yang berisi air yang dipilih langsung dari batangnya.

Susu cair boleh apa saja.

Sirup rasa kelapa boleh merk apa saja.

Kupas kulit dari buah kelapa secara keseluruhan hingga bersih sehingga tidak ada lagi sabut kelapa yang menempel pada tempurungnya.

Belah dua buah kelapa tadi untuk diambil airnya. Pisahkan air kelapa dari isinya karena umumnya isi kelapa tua sudah mengeras dan lebih banyak dibuatkan santan untuk memasak gulai di dapur.

Tuangkan pada gelas air kelapa tua tersebut kemudian tambahan sirup dan susu. Aduk secara perlahan hingga semua merata dengan sempurna.

Terakhir sebagai penyegar di kerongkongan boleh ditambahkan dengan es batu untuk menambah rasa dingin saat cuaca panas di siang hari.

https://manfaat.co.id